Deep Freeze Dan UnFreeze

Deep Freeze

Fungsi Deep Freeze

Deep Freeze berfungsi untuk mencegah segala macam bentuk perubahan baik setting system atau perubahan struktur folder/data pada drive (partisi) yang kita inginkan biasanya System drive atau C:\, baik yang disebabkan oleh virus atau oleh pengguna itu sendiri.software ini juga sangat ampuh menangkal serangan virus maupun user-user jahil terutama pada komputer yang di gunakan banyak orang.

Cara Kerja Deep Freeze

Deep Freeze bekerja dengan membekukan semua file yang berada pada komputer waktu pertama penginstalan program ini. Program dapat diubah hanya pada saat anda menggunakan komputer. Apabila komputer di-restart, maka file yang anda ubah akan kembali ke settingan pertama seperti sebelum di restart.
Deep Freeze sangat cocok untuk komputer yang biasanya fungsinya cuma untuk menjalankan software yang sifatnya rutin dan jarang terjadi perubahan, seperti:
1. Komputer yang ditaruh di tempat umum dan bisa diakses oleh beberapa orang seperti komputer di sekolah, perpustakaan, bank, dan kantor pemerintah atau layanan publik
2. Komputer yang digunakan untuk rental seperti warnet dan game center
3. Komputer kerja di kantor atau di rumah yang sering akses ke internet dan install program buat testing saja setelah itu di uninstall
4. Komputer yang sering kena virus, yang pemakainya tidak mau ambil pusing tiap kali install atau format Windows
5. Server komputer yang biasanya dipakai untuk akses online atau internet

Deep Unfreeze

Fungsi Deep Unfreeze dan Cara Kerjanya

Deep Unfreeze berfungsi untuk melumpuhkan program Deep Freeze dan password yang digunakan untuk membuka deepfreeze tidak akan banyak berguna dengan adanya Deep Unfreezer ini?
Deep UnFreezer merupakan tools yang memudahkan anda untuk merubah status Deep Freeze tanpa memerlukan password atau dengan kata lain melumpuhkan Deepfreeze.
Menggunakan Deep Unfreezer sangatlah Cepat dan mudah, anda cukup hanya memperhatikan posisi radio button untuk memilih menjalankan proses, dan diakhiri dengan save status > Exit > Restart/shutdown PC. Maka perubahan akan terjadi setelah dilakukan restart / shutdown.

Ikuti langkah dibawah sebagai petunjuk menggunakan Deep Unfreezer :

1.Ketika menjalankan Deep Unfreezer, pastikan Deep freeze detected / terdeteksi pada kolom log, click tombol load status untuk memeriksa status Deep freeze.
2.Apabila Deep freeze tidak terdeksi secara otomatis, maka user / anda harus mencari posisi file Deep Freeze berada.
3.Fungsi dari pilihan proses radio button :
A. Boot Froozen : proses yang akan mengaktifkan Deepfreeze ketika status Deep freeze Thawed / Tidak aktif.
B. Boot Thawed on next : Proses untuk menonaktifkan / thawed Deep freeze selama dan sebanyak (Sesuai angka yang diset) dilakukannya restart. Misalnya kita set angka 2, maka Deep freeze akan non aktif selama dilakukan 2 kali restart dan pada restart ke-3 otomatis akan aktif (Frozen).
C. Boot Thawed : Proses untuk menonaktifkan Deep freeze, ketika status Deepfreeze aktif / Frozen.
4.Langkah terakhir click tombol Save Status > Exit > Restart/Shutdown PC.